Pons Otak : Pengertian, Fungsi, Struktur Dan Bagiannya

Posted on

Pengertian Pons Otak Serta Fungsi, Struktur Dan Bagiannya

Pons Otak – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Pons Otak yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian pons otak, fungsi pons otak, struktur pons otak dan bagian pons otak, nah gar lebih dapat memahami dan mengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Fungsi utama dari pons bertindak sebagai jalur untuk mentransfer sinyal antara otak besar dan otak kecil, membantu mengirimkan sinyal saraf kranial keluar dari otak dan ke wajah dan telinga dan mengendalikan fungsi yang tidak disadari tertentu seperti respirasi dan kesadaran.

Meskipun pons ialah bagian kecil dari otak itu ialah salah satu yang sangat penting. Lokasinya di batang otak membuatnya cocok untuk melakukan sinyal masuk dan keluar, dan berfungsi sebagai titik asal bagi banyak saraf kranial yang penting. Setiap kali orang mengunyah, menelan, bernapas dan tidur mereka dalam banyak kasus, menggunakan pons mereka, pons juga memainkan peran dalam pendengaran.

Pengertian Pons Otak

Pons ialah bagian otak salah satu bagian dari batang otak yang terletak diatas medula oblongata dan dibawah otak tengah. Pons memiliki panjang sekitar 2,5 cm. Dapat dikatakan pons merupakan batang berisi serabut saraf yang berfungsi untuk menghubungkan otak besar dengan sumsum tulang belakang serta menghubungkan bagian otak kecil kiri dengan kanan. Meskipun ukurannya terbilang cukup kecil, tetapi pons memiliki fungsi yang sangat penting.

Baca Juga  Laring : Pengertian, Fungsi, Struktur, Bagian Dan Gambarnya

Struktur Dan Bagian-Bagian Pons

Secara garis besar pons dapat dibagi menjadi dua bagian utama yaitu:

  • Bagian Basilar Pons, terletak pada bagian ventral, fungsinya berhubungan dengan aktivitas motorik tubuh.
  • Bagian Pontine Tegmentum, terletak pada bagian dorsal, fungsinya berhubungan dengan sistem homesotasis dan lintasan refleks.

Pada pons terdapat beberapa nukleus saraf yang memiliki peran penting dalam tubuh yaitu:

  • Nukleus sensorik dan motorik dari nervus trigeminal.
  • Nukleus dari nervus abdusen.
  • Nukleus dari nervus fasial.
  • Nukleus dari nervus vestibulocochlear.

Fungsi Pons Otak

Adapun fungsi pons otak yang diantaranya yaitu:

Lokasi Pada Otak

Pada manusia dan kebanyakan hewan lainnya, pons terletak di bagian atas dari batang otak. Itu duduk di antara medulla oblongata dan talamus dan dalam banyak hal bertindak sebagai semacam hubungan antara kedua daerah.

Pons dibuat terutama dari apa yang dikenal sebagai “materi putih” yang berbeda, baik secara fungsional dan biologis dari “abu-abu” dari serebral otak dan itu umumnya cukup kecil, berukuran sekitar satu inci “2,5 cm” di kebanyakan orang dewasa.

Ukuran dan lokasi membuat ide untuk mengendalikan dan mengarahkan banyak sinyal saraf, yang sebagian besar berhubungan dengan wajah dan sistem pernapasan.

Sebagai Jalur Saraf

Pons berfungsi sebagai titik asal untuk empat dari dua belas saraf  kranial utama: trigeminal, yang abdusen, wajah dan vestibulokoklear. Karena berfungsi sebagai jalur untuk saraf ini dan membawa sinyal mereka ke korteks utama. Sebagian besar sinyal ini berhubungan dengan fungsi wajah, termasuk gerakan dan sensasi di mata dan telinga.

Dalam kebanyakan kasus saraf trigeminal yang merupakan saraf kranial kelima, mengendalikan perasaan di wajah dan juga mengontrol banyak otot yang terlibat dalam menggigit, mengunyah dan menelan. Ekspresi wajah dan kontraksi otot yang dikendalikan oleh saraf wajah, meskipun yang merupakan saraf kranial ketujuh berurutan. Abdusen atau saraf keenam sedikit lebih spesifik ialah benar-benar saraf motorik dan fungsi utamanya ialah gerakan mata.

Baca Juga  Anus : Pengertian, Fungsi, Struktur, Bagian Dan Penyakitnya

Hal ini memungkinkan mata melihat jauh ke kedua sisi. Tidak ada satupun dari tugas-tugas ini bukan pons sendiri sebenarnya memainkan peran aktif, tetapi pada dasarnya jalur sinyal untuk mendapatkan dari saraf ke otak yang merupakan langkah penting. Dalam cara yang sama pons berperan dalam pendengaran, juga dalam hal ini menyampaikan sinyal dari saraf vestibulokoklear, saraf sensorik ini memiliki dua komponen.

Bagian “koklea” yang memberikan pendengaran dengan mengirimkan transmisi suara dari telinga ke otak, sedangkan bagian “vestibular” mengirim informasi dari telinga bagian dalam tentang posisi spesial untuk memfasilitasi keseimbangan dan koordinasi, jika saraf rusak atau jika pons melintasi sinyalnya seseorang mungkin merasa pusing atau sakit gerak.

Menyampaikan Sinyal Keluar

Sama seperti pons membawa sinyal dari saraf ke otak, sehingga juga waktu yang diperlukan perintah dari otak dan relay mereka ke saraf. Akibatnya berfungsi sebagai sesuatu yang pembukaan untuk informasi yang bergerak ke dan dari wilayah terbesar dari wajah. Peran utama dari materi putih di sini ialah untuk mengatur sinyal, memprioritaskan mereka dan menerjemahkannya secara lengkap dan akurat.

Mengontrol Fungsi Tidak Sadar

Struktur ini juga memiliki pengaruh atas sejumlah fungsi dasar hidup tak sadar yang berhubungan dengan pernapasan dan kesadaran. Suatu daerah pada pons dikenal sebagai retikular yang mengatur siklus tidur/bangun, misalnya yang mempengaruhi kelelahan, motivasi dan tingkat kewaspadaan.

Beberapa anggota komunitas medis berpikir bahwa daerah ini dapat memainkan peran dalam bermimpi dan pembentukan mimpi, tapi tidak banyak penelitian telah dilakukan untuk membuktikan ini.

Fungsi lain dari pons ialah respirasi, pusat apneustic di bagian bawah struktur tampaknya mengatur intensitas pernapasan dengan merangsang dan memperpanjang bagian inspirasi dari respirasi. Pada saat yang sama, pusat pneumotaxic memberikan pengaruh penghambatan pada inspirasi yang dapat mengurangi kedalaman dan frekuensi napas.

Baca Juga  Arus Listrik : Pengertian – Hambatan – Rumus – Beserta Contoh Soal Terlengkap

Demikianlah pembahasan mengenai Pons Otak : Pengertian, Fungsi, Struktur Dan Bagiannya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa dipostingan selanjutnya. 🙂 🙂 🙂