Pengertian Virus Zika Secara Umum Serta Penyebab – Gejala – Cara Penularan – Cara Mencegah – Pengobatan

Posted on

Pengertian Virus Zika Secara Umum Serta Penyebab – Gejala – Cara Penularan – Cara Mencegah – Pengobatan

Pengertian Virus Zika Secara Umum Serta Penyebab – Gejala – Cara Penularan – Cara Mencegah – Pengobatan – Dalam hal ini penemuan Virus Zika sendiri pertama kali ditemukan pada tahun 1947 di Uganda di dalam tubuh monyet dengan nama Zika Forest. Pada tahun 1954 zika pertama kali menjangkit manusia di Nigeria, wabahnya dilaporkan menyebar di Afrika, Asia Tenggara dan Kepulauan Pasifik.

Pengertian Virus Zika Secara Umum

Virus Zika ialah suatu virus yang berasal dari keluarga genus flavivirus dan flaviviridae yang kemudian tersebar melalui nyamuk Aedes. Ketika menjangkiti manusia, virus ini akan menyebabkan sakit ringan yang kemudian disebut dengan penyakit zika atau demam zika. Timbulnya penyakit zika ini diidentifikasi pertama kali pada tahun 1947 di Uganda, Afrika pada monyet Rhesus.

Setelah itu pada tahun 1952 terdeteksi kasus pertama Zika pada manusia dan kini secara signifikan Zika telah menyebar ke seluruh dunia. Meskipun infeksi nyamuk ini cenderung ringan dan tidak berbahaya, namun para ilmuwan percaya bahwa penyakit Zika ini dapat mempengaruhi kelahiran bayi dimana bayi yang lahir biasanya akan memiliki kepala dengan bentuk yang kecil.

Penyebab Penyakit Zika

Seperti dalam pengertian Virus Zika sendiri maka penyebab utama dari penyakit Zika ini adalah penyebaran oleh nyamuk Aedes melalui gigitan, dan selain akibat dari gigitan nyamuk, ada juga beberapa kasus Zika yang disebabkan oleh penyebaran virus dari pria yang terinfeksi melalui hubungan seks dan juga penularan dari ibu yang terinfeksi pada anaknya selama kehamilan.

Gejala Virus Zika

Pada umumnya orang yang terinfeksi virus zika ini biasanya tidak akan menunjukkan ciri atau gejala tertentu dan cenderung tidak sadar jika telah terjangkit virus. Akan tetapi pada beberapa kasus, virus zika ini bisa menimbulkan penyakit ringan yang memiliki beberapa gejala seperti ruam, demam, sakit kepala dan konjungtivitas yang biasanya akan terjadi selama beberapa hari hingga satu minggu, dan meski tidak berbahaya namun virus zika ini dapat menyebabkan microhepaly dan juga kelainan saat lahir pada bayi yang dikandung ibu yang terinfeksi.

Cara Penularan Virus Zika

Seseorang biasanya terinfeksi virus zika setelah digigit oleh nyamuk yang terkontaminasi oleh virus zika. Virus zika secara umum menyebar melalui nyamuk Aedes aegypti, sangat mungkin terjadi pada nyamuk lain dalam famili nyamuk Aedes. Virus zika tekontaminasi virus zika jika ia menggigit orang yang telah memiliki virus zika didalam darahnya. Ketika terinfeksi, virus akan menyebar dan bereplikasi dalam tubuh nyamuk dan selanjutnya akan menginfeksi pada orang yang lain.

Cara Mencegah Virus Zika

Untuk menghindari jangkitan dari virus zika, ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti tidak mendatangi daerah-daerah yang sedang memiliki penyebaran virus zika, melalukan seks secara aman bagi suami istri yang telah terinfeksi atau menghindari seks saat kehamilan, melakukan berbagai cara untuk menghindari gigitan nyamuk seperti memakai lotion anti nyamuk, memasang kelambu dan lain sebagainya.

Pengobatan

Tidak ada pengobatan yang spesifik untuk penyakit virus zika, Dokter hanya akan memberikan beberapa pengobatan yang meringankan gejala seperti parasetamol. Pengobatan dengan aspirin atau anti inflamasi non-steroid tidak direkomendasikan karena ia berisiko meningkatnya sindrom hemoragik “pendarahan” seperti halnya demam berdarah dan juga berisiko penyakit serius seperti sindrom Reye setelah infeksi virus pada anak-anak dan remaja.

Wanita hamil yang menderita virus zika harus dirujuk ke spesialis kandungan untuk dilakukan beberapa pemeriksaan untuk memonitor janinnya, janin akan dimonitor setiap 3-4 bulan. Namun ada beberapa rekomendasi yang harus dilakukan jika kalian terinfeksi oleh virus zika yaitu:

  • Istirahat
  • Meningkatkan konsumsi cairan untuk mencegah dehidrasi
  • Pengobatan nyeri dan deman bisa dilakukan dengan mengkonsumsi parasetamol

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Virus Zika Secara Umum Serta Penyebab – Gejala – Cara Penularan – Cara Mencegah – Pengobatan semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa di postingan selanjutnya. 🙂 🙂 🙂

Pengertian Virus Zika Secara Umum Serta Penyebab – Gejala – Cara Penularan – Cara Mencegah – Pengobatan
5 (100%) 1 vote