√ Pengertian Sistem Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Unsur – Ciri – Elemen – Jenis

Posted on
√ Pengertian Sistem Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Unsur – Ciri – Elemen – Jenis
5 (100%) 1 vote

Pengertian Sistem Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Unsur – Ciri – Elemen – Jenis

Pengertian Sistem Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Unsur – Ciri – Elemen – Jenis – Dalam hal ini secara terminologi, sistem dipakai dalam berbagai macam cara yang luas sehingga sangat sulit untuk mendefinisikan atau mengartikannya sebagai suatu pernyataan yang merangkum seluruh penggunaannya dan yang cukup ringkas untuk dapat memenuhi apa yang menjadi maksudnya. Hal tersebut disebabkan bahwa pengertian sistem itu bergantung dari latar belakang mengenai cara pandang orang yang mencoba untuk mendefinisikannya.

Pengertian Sistem Secara Umum

Menurut bahasa, sistem disebut-sebut adalah gabungan kata yang berasal dari bahasa latin dan bahasa Yunani. System dan sustema ini kemudian dikenal luas sebagai sistem.

Pengertian sistem secara umum ialah suatu paduan yang terdiri dari beberapa unsur yang tergabung satu sama lain agar mempermudah laju aliran informasi, energi ataupun materi sampai dapat mencapai tujuan tertentu.

Sistem dapat dijumpai didalam bidang ilmu apa pun karena menjadi cara menggambarkan interaksi suatu set entitas yang paling mudah. Termasuk membuat suatu model matematika yang rumit menjadi lebih sederhana.

Tidak hanya itu sistem juga menjadi unsur perpaduan dari bagian-bagian yang terpisah agar saling berkaitan dan berhubungan dalam satu wilayah, misalnya pada suatu negara. Agar suati negara yang memiliki wilayah luas dapat terhubung dan menjadi kesatuan, dibutuhkan sistem negara.

Baca Juga  √ Pengertian Internet Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Sejarah - Fungsi - Manfaat

Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

Adapun menurut beberapa ahli, pengertian sistem bisa bermacam-macam, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Menurut Davis, G.B
    Sistem merupakan gabungan dari berbagai elemen yang bekerja sama untuk mencapai suatu terget.
  • Menurut Harijono Djojodihardjo
    Sistem merupakan gabungan obyek yang memiliki hubungan secara fungsi dan hubungan antara setiap ciri obyek, secara keseluruhan menjadi suatu kesatuan yang berfungsi.
  • Menurut Lani Sidharta
    Sistem merupakan sekumpulan unsur-unsur yang saling berkaitan yang secara bersama beroperasi untuk meraih tujuan yang sama.
  • Menurut Murdick, R.G
    Sistem merupakan sekumpulan elemen yang terdiri dari prosedur atau bagan pengolahan untuk mencari tujuan bersama atau tujuan bagian dengan cara mengoperasikan barang atau data pada waktu tertentu. Agar bisa menghasilkan informasi, energi atau data yang diinginkan.
  • Menurut Jerry Futz Gerald
    Sistem merupakan sebuah jaringan kerja dari pada prosedur-prosedur yang saling berkaitan, berkumpul secara bersama-sama agar bisa beroperasi sebuah kegiatan atau menyelesaikan tujuan tertentu.
  • Menurut Indrajit
    Sistem merupakan kumpulan dari komponen-komponen yang memiliki elemen saling berhubungan satu sama lain.
  • Menurut Jogianto
    Sistem ialah gabungan dari berbagai elemen yang berhubungan dan berinteraksi untuk menyelesaikan tujuan tertentu. Sistem ini menggambarkan kejadian-kejadian dan kesatuan ialah obyek nyata. Misalnya, tempat, benda dan orang-orang yang benar-benar ada dan nyata.

Unsur-Unsur Sistem

Untuk dapat mengetahui apakah segala sesuatu itu bisa dianggap sistem maka mesti mencakup lima unsur utama yaitu:

  • Adanya kumpulan objek
  • Adanya hubungan atau interaksi antara unsur-unsur atau elemen-elemen
  • Terdapat sesuatu yang mengikat unsur-unsur tersebut menjadi suatu satu kesatuan
  • Berada pada suatu lingkungan yang utuh dan kompleks
  • Terdapat tujuan bersama “output” sebagai hasil akhirnya

Ciri-Ciri Sistem

Adapun ciri-ciri sistem terbagi dari beberapa bagian sebagai berikut:

Komponen Sistem

Suatu sistem terdiri atas sejumlah komponen yang saling berhubungan yang berarti saling berkerjasama untuk membentuk satu kesatuan. Pada komponen sistem tersebut terdiri atas komponen berupa bagian-bagian dari sistem atau subsistem.

Baca Juga  √ Pengertian Algoritma Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Bentuk - Ciri - Contoh

Batasan Sistem “Boundary”

Batasan sistem termasuk daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem lainnya atau dengan lingkungan luarnya. Batasan pada sistem tersebut memungkinkan suatu sistem itu dipandang sebagai suatu kesatuan. Batasan suatu sistem menampilkan ruang lingkup atau scope pada sistem tersebut.

Lingkungan Luar Sistem

Lingkungan luar sistem yaitu diluar batas dari sistem yang telah mempengaruhi operasi sistem tersebut. Lingkungan bisa saja bersifat menguntungkan yang harus tetap dijaga dan yang tidak menguntungkan mesti dijaga dan dikendalikan, kalau tak akan mengganggu kelangsungan hidup dari sistem tersebut.

Penghubung Sistem “Interface”

Penghubung sistem ialah media penghubung antara satu subsistem dengan subsistem yang lainnya. Lewat penghubung tersebut maka dapat memungkinkan sumber-sumber daya akan mengalir dari subsistem kepada subsistem yang lainnya.Output atau keluaran dari subsistem akan menjadi input atau masukan untuk subsistem yang lainnya lewat penghubung.

Masukan Sistem Atau Input

Masukan yaitu energi yang dimasukkan pada suatu sistem yang bisa berupa perawatan atau manintenance input dan signal input atau masukan sinyal. Maintenance Input merupakan energi yang dimasukkan supaya sistem bisa berjalan atau beroperasi. Signal input merupakan energi yang telah diproses untuk memperoleh keluaran. Contoh suatu sistem program komputer merupakan maintenance input sedangkan data yaitu signal input untuk mengolah menjadi informasi.

Keluaran Sistem Atau Output

Keluaran sistem merupakan hasil dari energi yang diolah dan diklasifikasikan menjadi output yang bermanfaat dan sisa pembuangan. Contoh komputer yang menghasilkan panas termasuk sisa pembuangan sedangkan informasi merupakan keluaran yang dibutuhkan.

Pengolah Sistem

Suatu sistem menjadi suatu bagian pengolah yang akan mengubah masukan menjadi keluaran. Sistem produksi akan mengolah bahan baku tersebut menjadi bahan jadi. Sistem akuntansi akan mengolah data menjadi beberapa laporan keuangan.

Sasaran Sistem

Suatu sistem pasti memiliki goal atau tujuan atau sasaran berupa objek. Sasaran dari sistem tersebut sangat menentukan masukan atau input yang dibutuhkan oleh sistem dan keluaran yang akan dihasilkan oleh sistem.

Baca Juga  Flowchart : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis, Dan Simbolnya

Elemen Sistem

Pada dasarnya dalam pengertian system, sebuah system itu terbentuk dari beberapa elemen dan selalu terdiri dari 4 elemen. Elemen-elemen yang membentuk system sendiri diantaranya ialah tujuan yang merupakan pemotivasi sekaligus pengarah sebuah system.

Kemudian elemen yang kedua ialah masukan atau iput yang menjadi bahan untuk kemudian diproses. Masukan ini bisa beruapa masukan berwujud dan masukan tidak berwujud. Selain itu, elemen-elemen pembentuk system yang lainnya adalah proses, keluaran atau ouput, batas, mekanisme pengendalian dan juga umpan balik dan yang terakhir adalah lingkungan.

Sementara untuk 4 elemen dalam system sendiri diantaranya adalah objek yang bisa berupa elemen, bagian ataupun variable. Kemudian elemen yang kedua adalah atribut yang menjadi penentu kualitas atau sifat dari kepemilikan system dan juga objeknya. Lalu elemen yang ketiga adalah hubungan internal antara objek-objek yang ada didalamnya. Dan yang terakhir adalah lingkungan yaitu tempat system berada.

Jenis-Jenis Sistem

System memiliki beberapa jenis atau tipe berbeda berdasarkan kategorinya yaitu berdasarkan keterbukaan dan komponen. Berdasarkan keterbukaan, system terbagai atas system terbuka dan system tertutup. Sedangkan berdasarkan komponen system terbagi atas system fisik dan system non fisik.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Sistem Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Unsur – Ciri – Elemen – Jenis semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa di postingan selanjutnya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: