√ Pengertian Lari Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Tujuan – Macam – Manfaat

Posted on

Pengertian Lari Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Tujuan – Macam – Manfaat – Dalam hal ini olahraga lari merupakan cabang olahraga paling tua di dunia, meskipun dari sejarahnya tidak diketahui persis kapan mulai dikenal, namun sebelum menjadi salah satu cabang olahraga, lari ini sudah dikenal sejak peradaban manusia kuno. Olahraga lari sendiri kini menjadi salah satu cabang olahraga atletik dengan menumpu pada daya tahan tubuh dan kecepatan.

Pengertian Lari Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Tujuan – Macam – Manfaat

Pengertian Lari Secara Umum

Lari merupakan olahraga yang sangat mudah untuk dilakukan sehingga banyak orang yang gemar melakukannya, selain mudah lari juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh seperti menyehatkan jantung, pembuluh darah, paru-paru dan lain sebagainya.

Pengertian Lari Menurut Para Ahli

Adapun pengertian lari menurut para ahli yang diantaranya yaitu:

  • Menurut Aip Syarifuddin “1992:2”
    Atletik berasal dari bahasa Yunani “Athlon”, Athlon memiliki arti pertandingan, perlombaan, pergulatan atau juga perjuangan dimana untuk orang yang melakukan Athlon disebut sebagai Athela “atlet”.
  • Menurut Bustami “2011: 3”
    Atletik merupakan aktivitas jasmani/latihan jasmani yang didalamnya berisikan gerak alamiah seperti jalan, lari, lompat dan lempar.
  • Menurut Eddy Purnomo “2007:3”
    Atletik ialah cabang olahraga yang paling tua dan juga merupakan induk dari semua cabang olahraga yang gerakannya merupakan ragam gabungan dan pola gerak dasar hidup manusia sehari-hari.
  • Menurut M Djumijar “2004:13”
    Lari ialah frekuensi langkah yang di cepatlah sehingga badan seperti melayang saat berlari-lari ialah gerakan dasar mengais, badan yang bergerak maju karena adanya akibat dari gaya dorong ke belakang terhadap tanah.

Eddy Purnomo “2007:1” menyatakan berdasarkan jarak tempuhnya Nomor lari di bagi atas yaitu:

  • Lari jarak pendek atau sprint
  • Lari sprint ialah lari yang jarak tempuhnya di mulai dari 60 sampai 400 meter.
  • Lari jarak menengah atau middle distance
    Lari jarak menengah ialah lari yang jarak tempunya di mulai dari 800 sampai 1500 meter.
  • Lari jarak jauh atau ling distance
    Lari jarak jauh ialah lari yang jarak tempuhnya di mulai 3000 meter sampai 42, 195 meter “marathon”.

Tujuan Lari

Adapun tujuan lari yang diantaranya yaitu:

  • Tahap ini bertujuan untuk mempelajari dasar gerak lari jarak pendek yang sistematis.
  • Latihan dasar koordinasi ABC tahap ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan dan koordinasi lari cepat.
  • Lari cepat dengan tahanan, tahap ini bertujuan untuk mengembangkan tahap dorong atau support phase dan kekuatan khusus.
  • Lari mengejar tahap ini bertujuan untuk mengembangkan kecepatan reaksi dan percepatan lari.
  • Lari percepatan tahap ini bertujuan untuk mengembangkan lari percepatan dan kecepatan maksimum.
  • Start melayang lari sprint 20 meter tahap ini bertujuan untuk mengembangkan kecepatan maksimum.

Macam-Macam Lari

Adapun ada 3 macam olahraga lari, yang pertama ialah lari jarak pendek yaitu:

Lari Jarak Pendek “Lari Sprint”

Merupakan lari dengan jarak tempuh 100, 200 dan 400 meter, pelari jarak pendek atau sprinter ini biasanya akan melakukan start dengan jongkok sebelum memulai lari.

Lari Jarak Menengah

Lari jarak menengah sendiri ialah lari dengan jarak tempuh antara 800 meter hingga 1500 meter. Dalam lari jarak menengah ini, pelari bisa melakukan start dengan jongkok ataupun berdiri.

Lari Jarak Jauh

Lari jarak jauh ini ialah lari dengan jarak tempuh yang mencapai 5000 hingga 10.000 meter.

Lari ini biasanya dilakukan para pelari dengan start berdiri, dan pada umumnya kapasitas paru-paru yang dimiliki para pelari jarak jauh ini biasanya tinggi karena mereka harus menempuh jarak yang lebih panjang dari lari jarak pendek atapun lari jarak menengah.

Manfaat Lari Untuk Kesehatan

Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari olahraga lari terutama untuk kesehatan tubuh jika rutin dilakukan, diantaranya ialah menyehatkan jantung dan pembuluh darah serta meningkatkan kapasitas paru-paru. Kemudian olahraga lari juga tentunya dapat menjaga kebugaran tubuh dan menyehatkan sekaligus menguatkan tulang dan juga persendian. Dan selain itu, rajin berlari juga dapat melatih kecepatan berpikir serta membuat kualitas tidur menjadi lebih baik sehingga tidur akan terasa semakin nyaman dan nyenyak.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Lari Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Tujuan – Macam – Manfaat semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa dipostingan selanjutnya. 🙂 🙂 🙂

 

√ Pengertian Lari Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Tujuan – Macam – Manfaat
5 (100%) 1 vote