√ Pengertian Kreatif Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Ciri – Tujuan – Contoh

Posted on
√ Pengertian Kreatif Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Ciri – Tujuan – Contoh
5 (100%) 1 vote

Pengertian Kreatif Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Ciri – Tujuan – Contoh – Apa kalian kurang kreatif, kalian harus kreatif, kalian coba berpikir kreatif, berikan contah yang kreatif, lakukanlah yang kreatif, buatlah yang kreatif, carilah yang kreatif dan sebagainya. Kata-kata tersebut mungkin ialah kata yang sering keluar dalam ucapan kita.

Kata tersebut sering kali akan atau ingin atau dapat bermakna positif atau negatif. Dalam contoh kreatif dilingkungan kita sering terjadi dan terlihat hal demikian dimana kata kreatif, berkonotasi atau berarti negatif terhadap suatu barang atau seseorang.

Pengertian Kreatif Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Ciri – Tujuan – Contoh

Kreatif merupakan penunjang aktivitas dan apa yang kita lakukan saat ini dan kita gunakan. Berbagai manfaat kreativitas orang-orang, kini sangat membantu kita. Contoh kreatif ialah handphone yang kalian gunakan. Dulu handphone hanya digunakan untuk menelpon dan mengirim sms, sekarang handphone atau smartphone digunakan dapat membuka internet atau social media atau sedang melihat informasi ini.

Pengertian Kreatif Secara Umum

Definisi kreatif terkadang digunakan oleh para pengguna bahasa, baik yang bertujuan positif maupun juga negatif. Secara singkat dan sederhana pengertian kreatif ialah suatu kemampuan yang dimiliki seseorang “atau sekelompok orang” yang memungkinkan mereka menemukan pendekatan-pendekatan atau terobosan baru dalam menghadapi situasi atau masalah tertentu yang biasanya tercermin dalam pemecahan masalah dengan cara yang baru dan juga unik yang berbeda dan lebih baik dari sebelumnya.

Kata “kreatif” merupakan kata yang berasal dari bahasa Inggris To:Create yang merupakan singkatan dari: Combine “menggabungkan”, penggabungan suatu hal dengan hal lain, Reverse “membalik”, membalik beberapa bagian atau proses, Eliminate “menghilangkan”, menghilangkan beberapa bagian, Alternatif “kemungkinan”, menggunakan cara dengan yang lain, Twist “memutar”, memutarkan sesuatu dengan ikatan, Elaborate “memerinci”, memerinci atau menambah sesuatu.

Baca Juga  √ Pengertian Organisasi Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Ciri - Unsur - Tujuan - Manfaat - Bentuk

Ketika teman-teman mendengar kata kreatif atau kreativitas apa yang tergambar atau terbayang dalam benak teman-teman? sebagian dari kita mungkin membayangkan para seniman. Namun pada kenyataannya kreatif dan kreativitas jauh lebih baik luas dari yang kita bayangkan. Kreatif berarti mempunyai kreativitas yakni kemampuan untuk menciptakan sesuatu. Hal tersebutlah yang membedakan manusia dengan makhluk Tuhan lainnya. Kreativitas merupakan naluri yang terdapat sejak lahir. Olehnya itu setiap manusia pada dasarnya juga kreatif. Namun hanya diperlukan suatu usaha manusia tersebut dalam mengembangkan kreativitasnya.

Pengertian Kreatif Menurut Para Ahli

Seringnya kata kreatif digunakan dalam lingkungan kita. Tak ayal, definisi atau pengertian kreatif menjadi sebuah persoalan yang teramat tidaklah mudah termasuk para ahli dalam memberikan pengertian atau definisi kreatif. Tidak sedikit para ahli beradu argumen dan konsep tentang kreatif. Beberapa pengertian kreatif menurut para ahli yang penulis dapat rangkum ialah sebagai berikut:

  • Menurut Hasan Dan Azis Nik
    Menurut Hasan “1989” dan Nik Azis “1994” bahwa termiologi kreatif dari pada perkataan Latin creare yang bermaksud untuk membuat to make. Ketika bahasa Greek pula, Krainein yang membawa makna memenuhi, dalam bahasa Inggris disebut “create” atau “cipta” dalam bahasa Melayu.
  • Menurut Supriadi
    Menurut Supriadi mengutarakan bahwa pengertian kreatif ialah kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada. Kreativitas merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang mengimplikasikan terjadinya eskalasi dalam kemampuan berpikir, ditandari oleh suksesi, diskontinuitas, diferensiasi dan integrasi antara tahap perkembangan.
  • Menurut KBBI “Kamus Besar Bahasa Indonesia”
    Kamus Besar Bahasa Indonesia, “1990:456” Kreatif ialah kemampuan untuk menciptakan atau daya cipta, kreativitas juga dapat bermakna sebagai kreasi terbaru dan orisinil yang tercipta, sebab kreativitas suatu proses mental yang unik untuk menghasilkan sesuatu yang baru, berbeda dan orisinil. Kreativitas merupakan kegiatan otak yang teratur komprehensif, imajinatif menuju suatu hasil yang orisinil.
  • Menurut Semiawan
    Menurut Semiawan mengemukakan bahwa definisi kreatif merupakan kemampuan untuk memberikan gagasan baru dan menerapkannya dalam pemecehan masalah.
  • Menurut Chaplin
    Menurut Chaplin mengutarakan bahwa pengertian kreatif ialah kemampuan menghasilkan bentuk baru dalam seni atau dalam permesinan atau dalam pemecahan masalah-masalah dengan metode-metode baru.
  • Menurut Utami Munandar
    Menurut Utami Munandar “1992:47” bahwa pengertian kreatif ialah kemampuan untuk membuat kombinasi baru, berdasarkan data, informasi atau unsur-unsur yang ada.
  • Menurut Clarkl Monstakis
    Menurut Clarkl Monstakis mengatakan bahwa kreatif merupakan pengalaman dalam mengekspresikan dan mengaktualisasikan identitas individu dalam bentuk terpadu antara hubungan diri sendiri, alam dan orang lain.
  • Menurut Kuper
    Menurut Kuper pengertian Kreatif merupakan sebuah konsep yang majemuk dan multi-dimensial, sehingga sulit didefinisikan secara operasional. Definisi sederhana yang sering digunakan secara luas tentang kreativitas ialah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru. Wujudnya ialah tindakan manusia, melalui proses kreatif yang berlangsung dalam benak orang atau sekelompok orang, produk-produk kreatif tercipta.
  • Menurut Kamus Webster’s
    Menurut kamus Webster’s “1976” kreatif ialah The ability to bring something new existence”, definisi tersebut memperlihatkan bahwa kreatif ialah kebolehan mewujudkan sesuatu yang baru sama sekali.
  • Menurut Sternberg
    Menurut Sternberg bahwa definisi kreatif ialah seorang yang dapat berpikir sacara sintesis artinya dapat melihat hubungan-hubungan dimana orang lain tidak mampu melihatnya yang mempunyai kemampuan untuk menganalisis ide-idenya sendiri serta mengevaluasi nilai ataupun kualitas karya pribadinya, mampu menterjemahkan teori dan hal-hal yang abstrak ke dalam ide-ide praktis sehingga individu mampu menyakinkan orang lain mengenai ide-ide yang akan dikerjakannya.
Baca Juga  √ Pengertian Hukum Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Tujuan, Jenis, Contoh & Macam Pembagiannya

Ciri-Ciri Kreatif

Ada beberapa ciri-ciri yang dapat memosisikan seseorang tersebut termasuk ke dalam golongan manusia kreatif, ciri-ciri tersebut adalah:

  • Kepandaian meski tidak harus jenius dan memiliki kemampuan baik atau maksimal dalam menjalankan ide-idenya.
  • Mempunyai pandangan positif terhadap diri sendiri, pekat terhadap orang lain dan juga lingkungan di sekitarnya.
  • Mempuntai inspirasi dan juga motivasi dari masalah-msalah yang nyata yang dilihatnya.
  • Menghargai kebebasan dan juga perbedaan pendapat.
  • Cenderung untuk kaya akan fantasi “khayalan” dalam hidupnya.
  • Bersikap untuk fleksibel.
  • Suka memandang suatu masalah dari sisi yang berbeda.

Tujuan Kreatif

Perancangan performa suatu bentuk promosi ialah sebuah strategi untuk menghadapi audience. Beberapa tujuan kreatif yang dikembangkan oleh kerta putih komunika ialah upaya-upaya untuk lebih memberikan tekanan pada pesan yang ingin dicapai yakni berupa:

  • Menampilkan wajah perusahaan secara utuh dalam rancangan unik sesuai citra spesifik perusahaan.
  • Menterjemahkan visi, misi dan citra perusahaan dengan menggunakan simbol-simbol visual yang menarik dan bermakna.
  • Menanamkan kesadaran pada audience akan eksistensi perusahaan yang dirancang sedemikian rupa dan berkesinambungan hingga citra dari perusahaan semakin meningkat.
  • Membentuk kepercayaan audience melalui pemilihan tema kreatif dengan tujuan menyampaikan visi, misi dan citra perusahaan.

Contoh Manusia Kreatif

Misalnya saja ialah kemampuan seseorang untuk berwirausaha, berwirausaha dari barang-barang bekas atau limbah yang sudah tidak memiliki nilai guna. Bahkan tak hanya itu saja, contoh kreatif lainnya yakni, membuka sebuah usaha yang lain dari pada yang lain, usaha pembuatan tas dari bahan Koran bekas, jam tangan dari bahan bambu dan lain sebagainya.

Beberapa orang secara alami lebih kreatif dari pada yang lain, namun pemikiran kreatif bisa diperkuat dengan latihan. Kalian dapat berlatih berpikir kreatif dengan memecahkan teka-teki dengan menyadari dan melepaskan asumsi kalian dan melalui permainan apa pun yang tidak terstruktur dan santai, bahkan melamun pun bisa membuat kalian berpikir kreatif.

Baca Juga  √ Ilmu Administrasi, Perlu Untuk Diketahui

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Kreatif Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Ciri – Tujuan – Contoh semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa dipostingan selanjutnya. 🙂 🙂 🙂