Pengertian Konspirasi : Jenis, Tujuan Dibentuknya Dan Contoh Teorinya

Posted on
Pengertian Konspirasi : Jenis, Tujuan Dibentuknya Dan Contoh Teorinya
5 (100%) 1 vote

Pengertian Konspirasi : Jenis, Tujuan Dibentuknya Dan Contoh Teorinya

Pengertian Konspirasi – Menurut Kamus Besar Bahsa Indonesia atau KBBI kata konspirasi ialah persekongkolan atau komplotan. Konspirasi ialah persekongkolan sekelompok orang dalam merencanakan sebuah kejahatan yang dilakukan dengan rapi dan sangat dirahasiakan. Pelaku konspirasi disebut dengan konspirator. “Konspirasi/kon:spi:ra:si/ n komplotan; persekongkolan”.

Konspirasi dikerjakan secara mulu dan rapi sehingga orang tidak mengetahuinya sedikit pun. Hal ini yang membuat sulit untuk membuktikan konspirasi. Orang-orang mungkin hanya mampu menebak dan menduga-duga saja apa yang akan terjadi selanjutnya. Oleh karena itu, munculah teori konspirasi.

Menurut Kamus Oxford atau oxford Dictionary, pengertian konspirasi ialah suatu rencana yang sifatnya rahasia yang dilakukan oleh seklompok orang tertentu dengan tujuan illegal atau merugikan pihak-pihak tertentu. “conspiracy (noun): A secret plan by a group to do something unlawful or harmful.

Pengertian Konspirasi

Pengertian konspirasi ialah tindakan yang berusaha menjelaskan bahwa penyebab tertinggi dari satu atau serangkaian peristiwa “pada umumnya peristiwa politik, sosial, tragedi kemanusiaan serta sejarah” adalah suatu rahasia, dan seringkali memperdayai/mengaburkan dari fakta, direncakana dan dilaksanakan secara diam-diam oleh sekelompok rahasia orang-orang atau organisasi yang sangat berkuasa dan berpengaruh.

Jenis Konspirasi

Dalam konspirasi terdapat empat jenis konspirasi diantaranya yaitu:

  • Conspiracy “civil” yaitu sebuah perjanjian yang dilakukan orang untuk menipu, menyesatkan atau menipu orang lain dari hak-hak hukum mereka atau untuk mendapatkan keuntungan sepihak.
  • Conspiracy “criminal” yaitu perjanjian antara orang-orang untuk melanggar hukum di masa depan.
  • Conspiracy “political” yaitu kesepakatan antara orang-orang dengan tujuan mendapatkan kekuatan politik atau memenuhi tujuan politik.
  • Hub-and-spoke conspiracy yaitu sebuah konspirasi di mana terdapat satu atau lebih konspirator utama yang melakukan perjanjian serupa dengan orang lain yang keberhasilannya tergantung dari orang-orang yang ia ajak dalam perjanjian.
Baca Juga  √ Ilmu Administrasi, Perlu Untuk Diketahui

Tujuan Dari Dibentuknya Konspirasi

Tujuan dari konspirasi dibentuk tidak selalu sama. Tergantung dari kelompok-kelompok yang memiliki kepentingan yang ingin dicapai. Secara umum konspirasi dilakukan untuk menyalahkan suatu pihak atau untuk membuat suatu alasan.

Konspirasi merupakan keadaan yang bisa terjadi mulai dari tingkatan paling bawah seperti lingkungan desa sampai pada tingkatan yang lebih tinggi negara, kawasan regional dan dunia. Seperti yang sudah dijelaskan diawal bahwa konspirasi ialah bentuk persekongkolan yang tersusun secara rapi dan tersembunyi sehingga sulit untuk mencari kebenarannya sebagai sebuah bukti. Orang-orang hanya akan sanggup menebak apa yang terjadi sehingga muncullah istilah teori konspirasi.

Contoh Teori Konspirasi

Dalam hal ini banyak sekali teori konspirasi yang bermunculan di dunia. Dibawah ini ialah lebih dari satu semisal teori konspirasi didunia yaitu:

  • Rencana-rencana zionis “new global order”
  • Pembunuhan tokoh-tokoh dunia seperti kematian John F. Kenedy, kematian Paul McCartney, Kematian Putri Diana.
  • Hoax Pendaratan di bulan.
  • Suatu pembantaian bangsa yahudi oleh pemerintah jerman pada jaman perang dunia ke 2.
  • Sebuah serangan teroris yang berlangsung pada gedung kembar WTC “World Trade Center” di New York pada tanggal 11 September 2001.
  • Juga sekte pemujaan setan yang sekarang banyak kita dengar seperti freemason, illuminati dan lain sebagainya.
  • Penampakan ufo.
  • Ramalan kiamat 2012 yang tujuannya ialah cuma untuk meningkatkan rating film tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Konspirasi : Jenis, Tujuan Dibentuknya Dan Contoh Teorinya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂