Pengertian Iklim Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Karakteristik – Unsur – Jenis – Sifat – Dampak Perubahan

Posted on

Pengertian Iklim Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Karakteristik – Unsur – Jenis – Sifat – Dampak Perubahan

Pengertian Iklim Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Karakteristik – Unsur – Jenis – Sifat – Dampak Perubahan – Iklim dalam hal ini istilah yang berkaitan dengan keadaan udara pada lapisan atmosfer. Lantas bagaimana penjelasan dengan lengkap tentang iklim serta seperti apakah unsur iklim dan lainnya,, kalau begitu simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Iklim Secara Umum

Iklim ialah peluang dalam berbagai keadaan atmosfer seperti suhu, tekanan, angin, kelembaban yang telah terjadi dalam kurun waktu minimalnya 30 tahun yang meliputiΒ  wilayah yang luas. Iklim ialah hasil pencatatan karakteristik cuaca dari hari ke hari dalam kurun waktu yang cukup yang lama, maka dari itu disebut sebagai rata-rata dari unsur cuaca secara umum.

Iklim ini memiliki stabil bila dibandingkan dengan cuaca, perubahan iklim berlangsung dalam kurun waktu yang lama dan meliputi area yang sangat luas, matahari ialah sumber utama sistem iklim. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa iklim tidak selalu stabil, ada beberapa hal yang cukup mempengaruhi iklim jika bergeser sedikit saja akan mempengaruhi ketepatan waktu iklim itu.

Bukan hanya ketepatan waktu, ada juga efek dari iklim yang tidak semestinya terjadi akan menimbulkan dampak buruk bagi makhluk hidup di daerah yang terkena perubahan iklim. Perubahan iklim yang ekstrem bahkan sering terjadi belakangan ini. Dengan banyaknya faktor yang mulai memengaruhi keseimbangan atmosfer, maka dari itu faktor tersebut secara bertahap mempengaruhi pergerakan iklim yang awalnya normal menjadi ekstrem.

Pengertian Iklim Menurut Para Ahli

Adapun pengertian iklim menurut para ahli yang diantaranya yaitu:

  • Menurut Tjasyono, 2004
    Menurut Tjasyono, iklim merupakan keadaan rata-rata cuaca di satu daerah yang cukup luas dan dalam kurun waktu yang cukup lama, minimal 30 tahun yang sifatnya tetap.
  • Menurut Trewartha and Horn, 1995
    Mengartikan iklim merupakan suatu konsep yang abstrak, dimana iklim merupakan komposit dari keadaan cauca hari ke hari dan elemen-elemen atmosfer di dalam suatu kawasan tertentu dalam jangka waktu yang panjang.
  • Menurut World Climate Conference, 1979
    Disebutkan bahwa iklim ialah Sintesis kejadian suatu cuaca selama pada kurun waktu yang lama atau panjang yang secara statistik cukup bisa dipakai untuk bisa menunjukkan suatu nilai statistik yang berbeda dengan sebuah keadaan di setiap saatnya.
  • Menurut Glenn T. Trewartha, 1980
    Menurut Glenn, pengertian iklim ialah sebuah konsep abstrak yang menyatakan suatu kebiasaan cuaca dan juga sebuah unsur-unsur atmosfer pada suatu daerah selama jangka waktu yang lama.
  • Menurut Gibbs, 1978
    Gibbs berpendapat bahwa iklim ialah suatu peluang statistik dalam berbagai keadaan atmosfer, antara lain yaitu suhu, tekanan, angin kelembaban yang terjadi pada sebuah daerah selama dalam jangka waktu yang panjang.

Karakteristik Iklim

Nah berikut ini karakteristik iklim secara umum yang membedakannya dengan cuaca:

  • Berlaku untuk waktu yang lama.
  • Meliputi daerah yang luas.
  • Merupakan hasil rata-rata cuaca, bukan pencatatan baru.
  • Iklim disuatu daerah berhubungan satu sama lainnya.

Unsur-Unsur Iklim

Adapun unsur-unsur iklim yang diantaranya yaitu:

  • Suhu Udara
    Perubahan suhu udara pada suatu wilayah daerah wilayah lainnya tergantung pada ketinggian tempat dan letak astronomisnya “lintang”, perubahan suhu disebabkan perbedaan ketinggian jauh lebih cepat dari pada perubahan suhu disebabkan perbedaan letak lintang. Biasanya perubahan suhu terjadi antara 0,6 derajat celcius tiap kenaikan 100 m.
  • Tekanan Udara
    Tekanan udara merupakan berat massa udara di suatu tempat, tekanan udara memperlihatkan tenaga yang bekerja untuk menggerakkan massa udara dalam setiap satuan luas tertentu. Tekanan udara semakin rendah jika semakin tinggi dari permukaan laut.
  • Angin
    Angin merupakan massa udara yang bergerak dari suatu tempat ke tempat lain. Tiupan angin terjadi jika di suatu daerah terdapat perbedaan tekanan udara yaitu tekanan udara maksimum dan minimum, angin bergerak dari daerah bertekanan udara maksimum ke minimum.
  • Kelembaban Udara
    Kelembaban udara merupakan kandungan uap air dalam udara. Uap air yang ada dalam udara berasal dari hasil penguapan air di permukaan bumi, air tanah, atau air yang berasal dari penguapan tumbuh-tumbuhan.
  • Awan
    Awan merupakan sekumpulan titik-titik air di udara yang terjadi karena adanya kondensasi atau juga sublimasi dari uap air yang terdapat dalam udara, awan yang menempel di permukaan bumi di sebut kabut.
  • Curah Hujan
    Hujan yakni peristiwa sampainya air dalam bentuk cair maupun padat yang dicurahkan dari atmosfer ke permukaan bumi.

Jenis-Jenis Iklim

Adapun jenis-jenis iklim yang diantaranya yaitu:

  • Iklim Matahari
    Iklim matahari berdasarkan pada banyak atau sedikitnya intensitas sinar matahari yang diterima oleh permukaan bumi.
  • Iklim Koppen
    Iklim koppen berdasarkan pada data temperatur udara dan endapan yang dihubungkan dengan kelompok-kelompok tanaman.
  • Iklim Schmidt-Ferguson
    Iklim Schmidt-Ferguson berdasarkan pada perhitungan jumlah bulan-bulan terkering dan bulan-bulan terbasah setiap tahun, kemudian dirata-ratakan.
  • Iklim Junghuhn
    Iklim Junghuhn berdasarkan pada perhitungan garis ketinggian. Penggolongan iklim ini sangat cocok dipakai untuk kebutuhan pola, pembudidayaan tanaman perkebunan, seperti teh, kopi dan kina. Iklim Junghuhn meliputi iklim panan, iklim sedang, iklim sejuk, iklim dingin dan iklim salju tropis.
  • Iklim Oldeman
    Iklim Oldeman berdasarkan pada jumlah curah hujan di suatu tempat.

Sifat Iklim

Adapun sifat iklim memiliki beberapa sifat yaitu:

  • Mempunyai jangka waktu yang lama.
  • Mempunyai sifat yang meliputi daerah yang luas.
  • Sifat iklim yang dihasilkan oleh rata-rata cuaca, bukan merupakan sebuah pencatatan baru.

Dampak Perubahan Iklim

Setiap perubahan iklim akan memberikan dampak tertentu, dan berikut ini beberapa dampak dari perubahan iklim yaitu:

  • Akan menyebabkan mencairnya sebuah bongkahan es yang ada di daerah kutub yang akhirnya mengakibatkan permukaan air laut naik.
  • Terjadinya air laut naik akan menenggelamkan pulau dan menghalangi mengalirnya air sungai ke laut yang pada akhirnya akan menimbulkan banjir di dataran rendah.
  • Suhu bumi yang panas akan menyebabkan mengeringnya permukaan air, sehingga air menjadi langka.
  • Akan berdampak pada meningkatnya resiko terjadinya kebakaran hutan.
  • Akan menimbulkan memanasnya suhu permukaan air laut yang berada di pantai barat peru-Ekuador yang akan mengakibatkan gangguan iklim secara global.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Iklim Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Karakteristik – Unsur – Jenis – Sifat – Dampak Perubahan semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa di postingan selanjutnya. πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚

Pengertian Iklim Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Karakteristik – Unsur – Jenis – Sifat – Dampak Perubahan
5 (100%) 1 vote