√ Pengertian Efektif Dan Efisien Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Perbedaan – Contoh

Posted on

Pengertian Efektif Dan Efisien Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Perbedaan – Contoh – Dalam hal ini perusahaan sering berbicara tentang efektivitas dan efisiensi karyawan ketika melakukan brainstorming cara-cara untuk meningkatkan bisnis. Kedua kata tadi sekilas memiliki arti yang sama meski kenyataannya sama sekali berbeda.

Pengertian Efektif Dan Efisien Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Perbedaan – Contoh

Seorang karyawan yang efektif akan menghasilkan output tinggi, sementara seorang karyawan yang efisien menghasilkan output yang cepat dan tepat. Dengan menggabungkan efektivitas danb efisiensi maka perusahaan akan menghasilkan produk yang lebih baik, lebih cepat dan dengan lebih sedikit sumber daya, membahas dua kata tadi, apa sebenarnya pengertian efektif dan efisien, untuk lebih jelasnya simak pemaparannya dibawah ini.

Pengertian Efektif Dan Efisien Secara Umum

Efektif ialah pencapian tujuan ataupun taget dengan batas waktu yang telah ditetapkan tanpa memperdulikan biaya yang dikeluarkan. Sedangkan pengertian efisien ialah suatu pencapian target dengan menggunakan biaya atau input yang sama atau kurang untuk menghasilkan “ouput” yang lebih besar.

Pengertian Efektif Dan Efisien Menurut Para Ahli

Sedangkan pengertian efektif dan efisien menurut para ahli bisa disimak dari uraian singkat berikut ini. Robbins mendefinisikan efektivitas yaitu taraf pencapian organisasi baik untuk jangka pendek ataupun jangka panjang. Efektivitas organisasi merupakan konsep mengenai efektif yang mana suatu organisasi atau perusahaan memiliki tujuan atas bisa produktif. Bamard menjelaskan jika efektivitas organisasi ialah kemahiran dalam menentukan tujuan spesifik organisasi yang harus objektif.

Pengertian efektif dan efisien menurut para ahli lainnya datang dari Schein yang dikutip dari buku karangannya dengan judul Organizational Psychology menjabarkan efektivitas organisasi ialah kesanggupan untuk tetap eksis, beradaptasi, menjaga diri sekaligus berkembang, terlepas dari beberapa fungsi tertentu dari organisasi itu.

Sementara pengertian efektivitas datang juga dari Schemerhon John R. Jr. yang menyatakan Efektivitas yakni raihan target output yang diukur dengan membandingkan output anggaran atau  seharusnya “OA” dengan output realisasi atau faktanya “OS”, patokannya bila nilai “OS” > “OA” maka bisa dikatakan efektif.

Pengertian efisiensi dari Mulyamah yakni efisiensi adalah sebuah ukuran untuk membandingkan rencana penggunaan input dengan penggunaan yang diwujudkan. Sementara SP. Hasibuan mengutip penjelasan dari H. Emerson menyatakan bahwa efisiensi merupakan perbandingan terbaik dari input dan output. Efisiensi merupakan hal-hal yang kita lakukan berkenaan dengan mengasilkan output secara optimal tanpa menggunakan banyak waktu ketika tahap mengerjakannya.

Perbedaan Efektif Dan Efisien

Dalam perbedaan efektif dan efisien tentu teman-teman mampu merabah perbedaan efektif dan efisien berdasarkan dari keduanya. Ketika efektif merupakan persoalan hasil, sedangkan kalimat atau persoalan efisien sebagai perbedaan dengan efektif ialah menyoal biaya untuk hasil yang sesuai yang kita targetkan.

Alhasil kedua paket kata antara efektif dan efisien secara gamblang memang sulit dimengerti begitupun ketika ingin dibedakan. Namun bukanlah perkara yang dapat dikatakan tidak bisa, hanya pada persoalan logika untuk membedakan kedua kata ini yakni efektif dan efisien.

Sederhana jika efektif atau efek ialah hasil, akibat atau pengaruh sedangkan efisien tentu adalah proses untuk mencapai hasil. Efisien selalu bicara modal sedikit tapi untung banyak, dalam kalimat tersebut modal ialah efisien sedangkan untung banyak ialah efektif.

  • Namun bukan berarti kedua kata ini efektif dan efisien tidak harus terus bersamaan, efektif terkadang ingin memuluskan segala cara apapun untuk mencapai hasil, akibat atau pengaruh, walaupun biaya atau waktu besar itu bisa tidak diperdulikan.
  • Seperti halnya juga dengan efektif, efisien juga demikian, efisien terkadang ingin menghemat biaya, waktu untuk mendapatkan hasil.

Kedua point tersebut terlihat dari kedua kata tersebut mengiyakan suatu hasil dan perbedaannya terletak hasil luar biasa dan biasa atau secara sederhananya persoalan proses dan hasil.

Contoh Kalimat Efektif Dan Efisien

Setelah mengetahui pengertian efektif dan efisien kita beralih ke contoh nyatanya, ada banyak sekali contoh aktivitas yang efektif dan efisien dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya ialah aktivitas online shopping, aktivitas ini bisa dikatakan efektif dan efisien karena pembeli tak perlu membuang waktu, tenaga dan bahkan biaya untuk datang ke mall atau toko untuk membeli barang karena dimanapun ia bisa mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang juga bahkan lebih murah. Begitu pula dengan penjual, karena ia tak perlu menyewa tempat untuk berjualan sehingga bisa menghemat biaya, waktu dan juga tenaga.

Demikianlag pembahasan mengenai Pengertian Efektif Dan Efisien Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Perbedaan – Contoh semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah pengetahuan dan wawasan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa dipostingan selanjutnya. 🙂 🙂 🙂

√ Pengertian Efektif Dan Efisien Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Perbedaan – Contoh
5 (100%) 1 vote