√ Pengertian Akuntansi Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Fungsi – Manfaat – Jenis

Posted on

Pengertian Akuntansi Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Fungsi – Manfaat – Jenis – Pastinya kita sering sekali mendengar mengenai perkataan Akuntansi yang dimana baik dari media cetak maupun digital. Akan tetapi tahukah kalian apa sebenarnya dari pengertian Akuntansi sendiri??

Pengertian Akuntansi Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Fungsi – Manfaat – Jenis

Nah untuk itu,, agar lebih dapat memahami dan dimengerti mengenai pengertian Akuntansi simak pemaparan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Akuntansi Secara Umum

Akuntansi merupakan suatu proses mencatat,, mengklasifikasi,, meringkas,, mengolah dan menyajikan data,,transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat digunakan oleh orang yang menggunakannya dengan mudah dimengerti untuk pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya.

Akuntansi berasal dari kata asing accounting yang artinya bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia ialah menghitung atau mempertanggungjawabkan. Akuntansi digunakan di hampir seluruh kegiatan bisnis di seluruh dunia untuk mengambil keputusan sehingga disebut sebagai bahasa bisnis.

Secara umum Akuntasni ialah sistem informasi yang dapat dipertanggungjawabkan untuk memberi laporan yang berhubungan dengan keuangan kepada pihak yang membutuhkan serta memberikan informasi tentang kondisi perusahaan secara ekonomi.

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Nah bagaimana pengertian Akuntansi menurut para ahli?? Berikut ini pembahasannya menurut pendapat dari masing-masing pakar Akuntansi.

Menurut Abu Bakar A. Dan Wibowo

Menurut Abu Bakar A. dan Wibowo,, Akuntansi memiliki pengertian sebagai prosedur mengakui, pencatatan dan korespondensi bursa keuangan dari suatu unsur atau organisasi. Maksudnya Akuntansi ialah sistem informasi yang mengakui dan mencatat transaksi keuangan kemudian disajikan dalam laporan keuangan. Selanjutnya laporan tersebut berguan sebagai sarana korespondensi atau laporan bagi pihak-pihak berkepentingan dengan suatu organisasi atau perusahaan dalam hal kegiatan bisnis dan keuangan.

Menurut American Accounting Association

American Accounting Association merupakan lemabaga di Amerika Serikat yang bergerak dalam bidang riset,, pengembangan serta pengajaran Akuntansi. Menurut American Accounting Association,, Akuntansi adalah proses identifikasi,, pengukuran dan pelaporan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas serta tegas bagi pengguna informasi tersebut. Dalam pengertian ini Akuntansi berfungsi sebagai alat analisa data atau transaksi keuangan yang berguna untuk proses pengambilan keputusan bagi penggunanya.

Menurut American Institute of Certified Public Accountants “AICPA”

American Institute of Certified Public Accountants merupakan sebuah organisasi profesional khusus akuntan yang berada di Amerika Serikat. Akuntansi berdasar definisi dari AICPA ialah seni pencatatan,, penggolongan dan pengikhtisaran dengan cara tertentu dalam ukuran moneter,, transaksi dan kejadian-kejadian yang umumnya bersifat keuangan termasuk menafsirkan hasil-hasilnya. Artinya,, Akuntansi merupakan seni mencatat,, menggolongkan dan menyusun ikhtisar kejadian atau transaksi keuangan yang selanjutnya disajikan dalam laporan keuangan.

Menurut Arnold

Menurut Arnold merupakan salah satu pakar Akuntansi,, menurutnya Akuntansi ialah suatu sistem yang menyediakan informasi kepada siapa saja yang harus membuat sebuah keputusan dan mengendalikan penerapan keputusan tersebut. Maksud Arnold,, Akuntansi merupakan sistem penyedia informasi keuangan yang berguna bagi siapa pun yang berkepentingan untuk mengambil sebuah keputusan. Dimana selanjutnya pihak tersebut juga bertanggung jawab untuk melakukan pengendalian atas pengambilan dan penerapan keputusan tersebut.

Menurut Charles Thomas Horngren Dan Walter T. Harrison

Charles Thomas Horngren yang merupakan seorang profesor Akuntansi di Stanford University. Sedangkan Walter T. Harrison ialah seorang penulis buku-buku Akuntansi yang terkenal. Di dalam buku garapan kedua ahli tersebut,, Akuntansi didefinisikan sebagai suatu sistem informasi yang mengukur aktifitas bisnis,, memproses data menjadi laporan dan mengkomunikasikan hasilnya para pengambil keputusan. Dari pengertian itu, Akuntansi difungsikan sebagai alat pengukur kinerja bisnis,, pemroses data melalui pengelompokkan dan pengikhtisaran transaksi keuangan. Selanjutnya data tersebut disajikan dalam bentuk laporan yang berguan untuk mempermudah dalam pengambilan keputusan pelaku bisnis.

Menurut Dr. M. Gede

Dr. M. Gede juga salah satu pakar Akuntansi dari Indonesia. Menurut beliau Akuntansi ialah ilmu pengetahuan terapan dan seni pencatatan dimana pengolahannya dan analisa catatan tersebut dilakukan secara terus-menerus berdasarkan aturan dan sistem tertentu,, sehingga tersusun suatu laporan keuangan sebagai bentuk pertanggungjawaban dari pimpinan perusahan atas kinerjanya. Berdasarkan ahli Akuntansi ini,, Akuntasi merupakan ilmu terapan dan seni mencatat yang dilakukan secara kontinyu berdasar prinsip akuntansi. Selanjutnya dari proses tersebut tersusun laporan keuangan yang merupakan pertanggungjawaban kinerja pengelolaan perusahaan.

Menurut Financial Accounting Standards Board “FASB”

Financial Accounting Standards Board ini mengganti Accounting Principle Board “APB”. Financial Accounting Standards Board merupakan badan otoritatif yang dibangun pada tahun 1959 oleh American Institute of Certified Public Accoountants “AICPA”. Menurut FASB Akuntansi ialah kegiatan jasa yang berfungsi menyediakan informasi kuantitatif yang kemudian digunakan untuk pengambilan keputusan ekonomi. Badan ini menerbitkan pernyataan dan prinsip-prinsip akuntansi yang dipakai diseluruh dunia.

Menurut Keputusan Menteri Keuangan

Menteri Keungan juga memberikan definisi atas akuntansi melalui Keputusan Menteri Keungan Republik Indonesia No. 476 KMK 01 tahun 1991. Yaitu suatu proses pengumpulan,, penganalisaan,, pengaklasifikasian,, pencatatan,, peringkasan dan pelaporan terhadap suatu transaksi keuangan dari kesatuan ekonomi untuk menyediakan sebuah informasi keuangan bagi yang memerlukan informasi tersebut yang berguna dalam pengambilan keputusan.

Menurut Kohler’s Dictionary

Kohler’s Dictionary for Accountans ialah kamus khusus untuk para akuntan. Kamus ini disusun oleh Eric Louis Kohler tahun 1892-1976 yang dipublikasi pertama kali pada tahun 1952. Di dalam kamus ini akuntansi memiliki pengertian sebagai suatu seni dalam pencatatan dari proses transaksi keuangan.

Menurut Littleton

Littleton merupakan salah satu ahli akuntansi. Beliau menyatakan bahwa tujuan utama dari akuntansi ialah melaksanakan perhitungan periodik antara biaya dan hasil. Menurutnya biaya dianggap sebagai usaha,, sedangkan hasil ialah prestasi. Jadi maksud dari pernyataan Littleton,, Akuntansi ialah perhitungan komparasi antara biaya-biaya yang terjadi sebagai sebuah usaha dengan pencapaian hasil yang merupakan prestasi atas usaha tersebut.

Menurut Mulyadi

Menurut penulis buku akuntansi terkenal Mulyadi sistem akuntansi didefinisikan sebagai organisasi formulir,, catatan serta laporan yang dikoordinasi sedemikian rupa untuk menyediakan informasi keuangan yang dibutuhkan oleh manajemen guna memudahkan pengelolaan perusahaan. Dari definisi tersebut akuntansi difungsikan sebagai alat mencatat dan menyajikan laporan keuangan untuk mempermudah manajemen dalam mengelola perusahaan.

Menurut Paul Grady

Paul Grady merupakan seorang pakar Akuntansi. Paul mendefinisikan Akuntansi dengan pengertian yang cukup panjang yakni akuntansi sebagai tubuh dari ilmu pengetahuan serta fungsi organisasi secara sistematis,,autentik dan original dalam mencatat,, mengklasifikasi,, memproses,, membuat ikhtisar,, menganalisa,, menginterpretasi seluruh transaksi dan kejadian serta karakter keuangan yang terjadi dalam operasional entitas akuntansi dengan tujuan menyediakan informasi yang berarti dibutuhkan manajemen sebagai laporan dan pertanggungjawaban atau kepercayaan yang diterimanya.

Bila diringkas,, Akuntansi menurut Paul Grady ialah suatu sistem mencatat,, mengklasifikasi,, menganalisa dan melakukan interpretasi atas transaksi keuangan yang telah tersaji dalam bentuk laporan sebagai pertanggungjawaban atas kinerjanya dalam menjalankan operasional perusahaan.

Menurut Rudianto

Menurut Rudianto dalam bukunya pengantar Akuntansi menyatakan bahwa akuntansi sebagai sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak berkepentingan tentang aktifitas ekonomi dan kondisi suatu badan usaha.

Menurut Sophar Lumbantoruan

Sophar Lumbantoruan ialah mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak Republik Indoensia yang menulis buku Akuntansi Pajak. Dalam bukunya, Sophar menyatakan bahwa Akuntansi ialah suatu alat yang digunakan untuk bahasa bisnis dimana informasi yang disampaikan hanya bisa dipahami jika mekanisme akuntansi sudah dimengerti. Jadi bagi pihak-pihak yang tidak mengerti alur,, prosedur serta mekanisme dari proses akuntansi ia tidak akan bisa mamahami informasi keuangan hasil dari proses Akuntansi.

Menurut Suparwoto L.

Suparwoto merupakan seorang dosen Akuntansi yang mengabdi di Universitas Gajah Mada. Beliau ialah lulusan dari California State University. Beliau mendefinisikan Akuntansi sebagai suatu teknik atau sistem untuk mengukur dan mengelola transaksi keuangan dan menyajikan hasil pengelolaan tersebut dalam bentuk informasi kepada pihak-pihak internal dan eksternal perusahaan. Pihak eksternal meliputi investor,, kreditur,, pemerintah,, serikat buruh dan lain-lain.

Jika diringkas pengertian Akuntansi tersebut ialah suatu tekni mengukur dan mengelola transaksi keuangan yang disajikan dalam bentuk informasi untuk pihak-pihak yang berkepentingan dengan perusahaan.

Menurut Warren Dkk

Warren merupakan pakar Akuntans,, bersama kawan-kawannya,, Warren menyimpulkan dan mendefinisi Akuntansi sebagai suatu informasi yang mengasilkan suatu laporan yang dibutuhkan oleh pihak-pihak yang memiliki kepentingan terhadap suatu aktifitas ekonomi dan kondisi suatu perusahaan.

Menurut West Churman

West Churman ialah seorang profesor administrasi bisnis di Universitas California,, ia dkenal sebagai ahli dalam riset operasi dan analisa sistem. Menurut West Churman,, Akuntansi ialah pengalam tertulis yang berguna untuk pengambilan keputusan. Jadi menurut Ahli yang satu ini,, Akuntansi ialah tulisan tentang kejadian masa lalu yang berfungsi untuk memudahkan prosesa pengambilan keputusan.

Menurut ABP Statement No. 4 Dalam Smith Skousen “1995:3”

Seperti yang disampaikan oleh ABP Statement No.4 Smith Skousen “1995:3” Akuntansi ialah kegiatan atau akativitas jasa. Ini berarti Akuntansi dapat memberikan informasi secara jumlah,, terutama untuk membentuk pihak yang terkait untuk mengambil keputusan ekonomis untuk menetapkan pilihan-pilihan yang masuk akal diantara berbagai tindakan.

Fungsi Akuntansi

Dalam hal ini fungsi yang paling utama dari Akuntansi ialah sebagai media informasi keuangan suatu organisasi. Kenapa demikian? sebab kita dapat melihat seperti apa kualitas dan perubahan yang ada di dalam suatu organisasi itu dari laporan Akuntansi. Informasi yang diberikan Akuntansi berbentuk data kuantitatif dengan satuan ukuran uang. Informasi mengenai tata keuangan sangat dibutuhkan oleh pihak yang akan membuat keputusan dalam aktivitas selanjutnya baik orang yang ada didalam maupun diluar organisasi.

Manfaat Akuntansi

Akuntansi bisa dijadikan sebagai alat untuk membahaskan seperti apa yang terjadi didalam suatu organiasi atau perusahaan. Di dalam akuntansi terdapat dua macam informasi yang diberikan yaitu tentang nilai perusahaan dan informasi tentang untung-rugi perusahaan. Kedua informasi tersebut bermanfaat untuk:

  • Untuk mengetahui besarnya modal yang dimiliki sebuah perusahaan.
  • Untuk mengetahui perkembangan maju mundurnya sebuah perusahaan.
  • Sebagai pondasi untuk menghitung pajak.
  • Untuk menjelaskan kondisi sebuah perusahaan saat membutuhkan kredit dari bank atau pihak lain.
  • Sebagai patokan untuk memutuskan kebijakan yang akan dilaksanakan.
  • Untuk dapat menarik minat investor saham apabila perusahaan telah menjadi perseroan terbatas.

Jenis-Jenis Atau Bidang-Bidang Akuntansi

Adapun Akuntansi memiliki bidang-bidang yang diantaranya yaitu:

  • Akuntansi Keuangan ialah bidang akuntansi yang secara khusus mempelajari tentang transaksi-transaksi keuangan seperti hutang “kewajiban”,, modal “ekuitas” ataupun perubahan aset perusahaan.
  • Akuntansi Manajemen ialah bidang akuntansi yang memberikan data real kepada pihak internal perusahaan “manajemen” sehingga diperlukan untuk menentukan kebijakan perusahaan selanjutnya.
  • Akuntansi Biaya ialah bidang akuntansi yang bertujuan untuk mengefisensi biaya produksi ataupun biaya-biaya yang lain.
  • Akuntansi Pajak ialah bidang akuntansi yang bertujuan untuk mengurusi perpajakan. Dalam hal ini untuk meminimalisir pajak yang harus dibayarkan perusahaan tanpa menyalahai aturan yang berlaku.
  • Akuntansi Pemeriksaan ialah bidang akuntasi yang berupa pemeriksaan atas laporan pencatatan akuntansi/laporan keuangan yang dilakukan oleh akuntan independen tanpa adanya tekanan dari pihak manapun. Akuntansi pemeriksaan ini biasa disebut dengan audit dan orang yang mengaudit disebut auditor.
  • Akuntansi Anggaran ialah bidang akuntansi yang mempelajari penyusunan budgeting atau pengeluaran dari sebuah perusahaan kemudian membandingkannya dengan pengeluaran yang aktual.
  • Akuntansi Pemerintahan ialah bidang akuntansi yang mempelajari tentang penyajian data laporan keuangan atau financial statement yang dilakukan oleh lembaga pemerintahan,, baik lembaga daerah atau pusat.
  • Akuntansi Pendidikan ialah bidang akuntansi yang outputnya diarahkan khusus dibidang pendidikan,, misalkan untuk menjadi pengajar akuntansi,, peneliti atau pekerjaan lain yang berhubungan dengan edukasi akutansi.
  • Sistem Akuntansi ialah bidang-bidang akuntan yang berhubungan dengan proses pembuatan prosedur akuntansi/alat-alat pendukungnya. Serta diikuti oleh penentuan langkah-langkah yang akan diambil kedepannya.
  • Akuntansi Internasional ialah bidang akuntansi yang mempelajari masalah-masalah internasional seperti pedagangan internasional yang umum terjadi di perusahaan multi nasional/internasional.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Akuntansi Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Fungsi – Manfaat – Jenis dengan adanya ulasan tersebut semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa di postingan berikutnya. 🙂 🙂 🙂

√ Pengertian Akuntansi Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Fungsi – Manfaat – Jenis
5 (100%) 1 vote