Ideologi Adalah : Arti, Fungsi, Macam, Dimensi Kekuatan Dan Contohnya

Posted on

Ideologi Adalah : Arti, Fungsi, Macam, Dimensi Kekuatan Dan Contohnya

Ideologi Adalah – Pengertian ideologi dalam hal ini dapat dideskripsikan sebagai sebuah sistem keyakinan yang memandu perilaku dan tindakan sosial. Dari bahasanya, ideologi berasal dari perpaduan dua istilah Yunani yaitu “idein” dan “logos”. Idein berarti memandang, melihat, ide, cita-cita. Logis ialah logia atau ilmu.

Ideologi sebagai sebuah konsep abstrak sangat penting bagi ilmu sosial dan sosiologi karena ideologi berhubungan erat dengan bagaimana pandangan manusia tentang masyarakat dan kehidupan secara lebih luas. Nah untuk lebih memahami dan mengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Ideologi

Sebenarnya apa itu ideologi ?? Secara umum, Pengertian Ideologi ialah kumpulan ide-ide dasar, gagasan, keyakinan dan kepercayaan yang sifatnya sistematis sesuai dengan arah dan tujuan yang ingin dicapai dalam kehidupan nasional suatu bangsa dan negara.

Ada yang menganggap pengertian ideologi ialah visi uanh komprehensif sebagai cara pandang terhadap semua hal secara umum dan beberapa arah filosofi yang diajukan oleh kelas dominan pada seluruh anggota masyarakat.

Istilah ideologi sangat erat hubungannya dengan berbagai bidang kehidupan manusia diantaranya:

  • Politik “Hukum, Pertahanan dan Keamanan”.
  • Sosial.
  • Kebudayaan.
  • Agama.

Istilah ini pertama kali diperkenalkan oleh Destutt de Tracy, seorang filsuf asal Perancis. Secara etimologis kata “ideologi” berasal dari bahasa Perancis yaitu:

  • Ideo yang artinya ide, cita-cita, melihat, memandang.
  • Logie yang artinya logika atau rasio.

Sehingga arti ideologi dapat juga didefibisikan sebagai seperangkat ide yang membentuk keyakinan dan paham untuk mewujudkan cita-cita manusia.

Baca Juga  Filsafat  : Pengertian, Ciri, Tujuan dan Cabang Filsafat

Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa arti ideologi, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli. Berikut ini ialah pengertian ideologi menurut para ahli yaitu:

  • Menurut Francis Bacon
    Menurut Francis Bacon, pengertian ideologi ialah sintesa pemikiran mendasar dari suatu konsep hidup.
  • Menurut Alfian
    Menurut Alfian, pengertian ideologi ialah sebuah pandangan atupun sistem nilai yang menyeluruh dan juga mendalam mengenai bagaimana cara yang sebaiknya yakni secara moral dianggap benar dn juga adil, mengatur tingkah laku bersama dalam beragam segi dan bidang kehidupan.
  • Menurut Gunawan Setiardjo
    Menurut Gunawan Setiardjo arti ideologi ialah kumpulan ide atau gagasan atau aqidah “aqliyyah “akidah yang sampai melalui proses berpikir” yang melahirkan aturan-aturan dalam kehidupan.
  • Menurut C. C. Rodee
    Menurut C. C. Rodee, pengertian ideologi ialah sekumpulan ide yang secara logis berkaitan dan mengindetifikasikan nilai-nilai yang memberi keabsahan bagi institusi dan juga pelakunya.
  • Menurut Ali Syariati
    Menurut Ali Syariati, pengertian ideologi ialah suatu keyakinan-keyakinan dan gagasan-gagasan yang ditaati oleh suatu kelompok, suatu kelas sosial, suatu bangsa atau ras tertentu.
  • Menurut Drs. Moerdiono
    Menurut Drs. Moerdiono, ideologi adalah a system of ideas yang akan mensistematisasikan seluruh pemikiran mengenai kehidupan ini dan melengkapinya dengan sarana serta kebijakan dan strategi dengan tujuan menyesuaikan keadaan nyata dengan nilai-nilai yang terkandung dalam filsafat yang menjadi induknya.

Fungsi Ideologi Secara Umum

Suatu ideologi dapat dipelajari diformulasikan hingga dimasukkan dalam tataran abstrak di dalam pikiran dan jiwa manusia. Ideologi akan menjadi landasan berpikir dan cara pandang manusia dalam menafsirkan dan memahami dunia.

Secara umum berikut ini ialah beberapa fungsi ideologi:

  • Menjadi pemandu tindakan sosial individu di masyarakat.
  • Menjadi sumber inspirasi norma dan nilai sosial.
  • Menjadi panduan bagi individu dalam menemukan identitas dirinya.
  • Memberikan motivasi bagi individu dalam menggapai tujuan hidupnya.
Baca Juga  √ Pengertian Organisasi Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Ciri - Unsur - Tujuan - Manfaat - Bentuk

Suatu ideologi dapat menentukan tindakan konkrit individu dalam kehidupan sosialnya. Secara ekstrim seseorang bahkan mau rela berkorban nyawa demi mempertahankan  ideologi yang diyakininya.

Macam-Macam Ideologi

Beragam jenis ideologi yang sering ditemukan antara lain sebagai berikut:

Ideologi Terbuka

Pengertian ideologi terbuka ialah pedoman yang dijadikan landasan bertingkah laku dengan karakteristik menerima keadaan perubahan. Maka sederhananya keyakinan ini senantiasanya disesuaikan dengan kemajuan zaman yang sedang berkembang.

Contohnya saja ideologi terbuka ini seperti Pancasila yang memiliki nilai serta sejarah Pancasila sebagai keyakinan masyarakat Indonesia. Dalam beberapa koredor Pancasila dikatakan memiliki ciri sebagai ideologi terbuka, hal ini misalnya untuk aturan hukum terkadang ada amanedemen yang dilakukannya.

Ideologi Tertutup

Pengertian ideologi tertutup ialah sistem kepercayaan yang menjadi pedoman dalam masyarakat dengan sifatnya yang lekat untuk tidak menerima perubahan dan pengaruh dalam lingkungan di luar kelompoknya. Hal inilah mengindikasikan ideologi tertutup sulit untuk berkembang.

Contoh ideologi tertutup ini misalnya saja keyakinan yang dianut oleh salah satu suku di Indonesia, suku Baduy. Suku ini tidak mau menerima perubahan dengan memiliki untuk terisolir dengan perkembangan zaman. Meskipun demikian keadaan ini juga menjadi keuntungan Indonesia, alasannya bisa dijadikan salah satu khasanah dalam kearifan lokal.

Dimensi Kekuatan Ideologi

Pada prinsipnya terdapat tiga dimensi utama yang menentukan kekuatan ideologi sebagai berikut:

  • Dimensi realitas ideologi merupakan nilai-nilai dasar yang secara riil hidup dalam kebudayaan dan pengalaman sejarah manusia.
  • Dimensi idealisme ideologi merupakan nilai-nilai dasar yang berwujud visi ke depan sebagai cita-cita orang yang menganutnya.
  • Dimensi pengembangan ideologi merupakan nilai-nilai dasar yang berwujud keluwesan untuk mempelajari adanya perbedaan nilai dalam masyarakat.

Contoh Ideologi

Contoh-contoh yang bisa disebutkan dalam ideologi antara lain sebagai berikut:

Baca Juga  Opini Publik : Pengertian Opini Publik, Ciri, Karakteristik Dan Tahap Pembentukannya

Komunisme

Komunisme ialah salah satu bentuk ideologi yang sering kali dijadikan sebagai keyakinan bahwa kehidupan serta kekayaan manusia ialah milik bersama. Fakta ini menunjukan bahwa pola prilaku pada masyarakat yang menganut sistem ideologi komunisme lebih mengutamakan kehidupan kelompok.

Contohnya prilaku ideologi komunisme misalnya saja kebijakan yang dilakukan oleh Negara Rusia dengan memberikan bantuan dana secara cuma-cuma untuk masyarakat berkategori miskin. Hal ini dilakukan karena Negara mempunyai tanggung jawab serta setiap warga Negara Rusia juga ikut andil di dalamnya.

Pancasila

Contoh penerapan ideologi Negara yang selanjutnya ialah Pancasila yang dijadikan sebagai dasar dalam menentukan Hak dan Kewajiban Warga Negara Indonesia “WNI” yang tinggal di dalam dan luar negeri. Keadaan ini ditunjukan bahwa WNI haruslah memiliki Agama sesuai dengan Sila ke-1 “Ketuhanan Yang Maha Esa”, maka suatu hal yang mutlak bagi WNI untuk memiliki agama.

Demikianlah pembahasan mengenai Ideologi Adalah : Arti, Fungsi, Macam, Dimensi Kekuatan Dan Contohnya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂