Contoh Teks Laporan Percobaan Membuat Pelangi

Posted on

Contoh Teks Laporan Percobaan Membuat Pelangi

Contoh Teks Laporan Percobaan Membuat Pelangi – Teks laporan percobaan merupakan teks yang berisi paparan mengenai tujuan, proses dan hasil percobaan. Teks laporan percobaan merupakan teks yang menceritakan tentang percobaan yang dilakukan oleh peneliti.

Teks laporan percobaan umumnya digunakan untuk melaporkan hasil percobaan, karya ilmiah atau laporan praktikum. Tujuan teks laporan hasil percobaan ialah untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang hasil percobaan yang telah dibuat. Teks laporan hasil percobaan bersifat umum atau universal.

Nah buat kalian yang bingung dalam membuat sebuah laporan percobaan kali ini kami akan kasih contoh laporan percobaannya langsung.

Contoh Laporan Percobaan Membuat Pelangi

Laporan Percobaan Membuat Pelangi

Tujuan:

Untuk mengetahui proses terjadinya pelangi.

Kajian Teori:

Pelangi atau bianglala ialah fenomena optik dan meteorologi berupa cahaya warna-warni paralel satu sama lain di langit atau media lainnya. Di langit, pelangi tampak sebagai busur cahaya dengan ujungnya mengarah ke cakrawala pada saat hujan ringan. Pelangi juga dapat dilihat di sekitar air terjun.

Cahaya matahari ialah cahaya polikromatik “terdiri dari banyak warna”. Warna putih cahaya matahari sebenarnya ialah gabungan dari berbagai cahaya dengan panjang gelombang yang berbeda-beda. Mata manusia sanggup menyerap paling tidak tujuh warna yang dikandung cahaya matahari, yang akan terlihat pada pelangi: merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu “violet”.

Panjang gelombang cahaya ini membentuk pita garis-garis paralel, tiap warna bernuansa dengan warna di sebelahnya. Pita ini disebut spektrum warna. Di dalam spektrum warna, garis merah selalu berada pada salah satu sisi dan biru serta violet di sisi lain dan ini ditentukan oleh perbedaan panjang gelombang.

Baca Juga  √ Pengertian Seni Secara Umum & Menurut Para Ahli Serta Sifat - Fungsi - Tujuan - Macam

Pelangi tidak lain ialah busur spektrum warna besar berbentuk lingkaran yang terjadi karena pembiasan cahaya matahari oleh butir-butir air. Ketika cahaya matahari melewati butiran air, ia membias seperti ketika menembus prisma kaca dan keluar menjadi spektrum warna pelangi.

Jadi di dalam tetesan air, kita sudah mendapatkan warna yang berbeda-beda berderet dari satu sisi ke sisi tetesan air lainnya. Beberapa dari cahaya berwarna ini kemudian dipantulkan dari sisi yang jauh pada tetesan air, kembali dan keluar lagi dari tetesan air. Cahaya keluar kembali dari tetesan air ke arah yang berbeda, tergantung pada warnanya. Warna-warna pada pelangi ini tersusun dengan merah di paling atas dan ungu di paling bawah pelangi.

Pelangi terlihat sebagai busur dari permukaan bumi karena terbatasnya sudut pandang mata, jika titik pandang di tempat yang tinggi misalnya dari pesawat terbang dapat terligat sebagai spektrum warna yang lengkap yakni berbentuk lingkaran.

Pelangi hanya dapat dilihat saat hujan bersamaan dengan matahari bersinar, tetapi dari sisi yang berlawanan dengan si pengamat. Posisi si pengamat harus berada di antara matahari dan tetesan air dengan matahari di belakang orang tersebut. Matahari, mata si pengamat dan pusat busur pelangi harus berada dalam satu garis lurus.

Alat Dan Bahan:

Adapun alat dan bahan yang diantaranya yaitu:

  • Air
  • Kaca
  • Gunting
  • Ruang gelap
  • Senter

Prosedur/Cara Kerja:

Adapun prosedur/cara kerja yang diantaranya yaitu:

  • Letakkan gelas berisi air di atas meja dan tempatkan kaca ke dalam gelas secara serong.
  • Buatlah ruangan benar-benar gelap.
  • Tutup semua tirai dan lubang yang memungkinkan cahaya masuk.
  • Sorotkan cahaya senter ke kaca dalam gelas.
  • Perhatikan pelangi yang muncul dari sudut kaca.
  • Sesuaikan sudut kaca semaumu.
Baca Juga  √ Pengertian Seni Rupa Murni Secara Umum Serta Fungsi - Manfaat - Tujuan - Jenis - Contoh - Gambar

Pembahasan:

Pelangi terbentuk ketika cahaya lampu senter dibiaskan saat melewati air didalam gelas. Sumber cahaya buatan merupakan sumber cahaya yang memancarkan cahaya karena dibuat manusia, misalnya lampu senter. Cahaya memiliki sifat-sifat gelombang diantaranya merambat lurus, menembus benda bening dan dapat dibiaskan.

Senter yang dinyalakan ditempat gelap akan tampak garis lurus cahaya. Hal ini menunjukkan bahwa cahaya yang dihasilkan lampu senter tersebut merambat lurus. Pada percobaan diatas terdapat 1 gelas berisi air bening, cahaya bisa diteruskan hingga menembus benda tersebut.

Proses terjadi pelangi:

  • Cahaya senter melewati air didalam gelas.
  • Pembiasan cahaya senter.
  • Pembelokan cahaya senter.
  • Terbentuklah warna pelangi.

Hasil Percobaan:

  • Kegiatan
    Membuat pelangi
  • Posisi Kaca
    Didalam gelas berisi air secara serong
  • Hasil
    Muncul pelangi pada sudut kaca

Simpulan:

Melalui percobaan membuat pelangi dengan senter dan gelas berisi air, kami mempelajari bahwa pelangi terjadi karena pembiasan cahaya yang terjadi melalui tetesan air. Hal ini dibuktikan lewat terbentuknya berkas pelangi ketika sinar dari senter menyentuh permukaan kaca yang diletakkan serong pada gelas berisi air.

Demikianlah pembahasan mengenai Contoh Teks Laporan Percobaan Membuat Pelangi semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂